Kamis, 20 September 2012

TIPS CARA MUDAH MENGHITUNG AKAR BILANGAN KUADRAT

 TIPS CARA MUDAH MENGHITUNG AKAR BILANGAN KUADRAT

Belajar Mengajar Matematika itu mudah dan menyenangkan
MENGHITUNG AKAR BILANGAN KUADRAT KELAS 4 DAN 5 SD


Assallamu'alaikum Wr.Wb ...

  (Mengajar) Belajar  matematika  terkadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian anak / siswa / guru.
Tanpa trik dan solusi yang tepat, tips persiapan belajar mengajar yang baik, maka hasil yang dapat dicapai akan jauh dari memuaskan. Disini terdapat  peran sang guru sebagai motivator dan mediator, maupun dari anak (aspek semangat belajar dan motivasi belajar-nya).
Secara pribadi, saya sering melakukan evaluasi terhadap setiap proses Kegiatan Belajar Mengajar, untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi keberhasilan / kegagalan tersebut. Tentu menjadi harapan setiap guru bahwa anak didiknya dapat memahami / menyerap secara baik materi atau ilmu yang telah disampaikan pada mereka.
Sebenarnya sudah banyak tersebar di media-online (internet) tentang berbagai tips dan trik belajar mengajar matematika. Tujuannya tentu (menurut saya) adalah agar salah satu dari sekian mata pelajaran wajib ini menjadi mudah dimengerti dan disenangi oleh siswa. Pada era modernisasi ini, sebenarnya sudah semakin mudah bagi para guru untuk terus menggali ilmu, memperdalam wawasan dan pengetahuan melalui dunia internet. Apalagi sekarang di sekolah-sekolah sudah umum tersedia perangkat komputer dan berbagai fasilitas lain. Daripada on-line buat main game and download foto (pacar) … he … he …
Pada posting kali ini, saya mencoba berbagi sedikit tips pengetahuan tentang cara mudah menghitung AKAR KUADRAT yang khususnya diterapkan pada siswa kelas 4 dan 5 SD.
Konsep pertama yang harus dipahami adalah tabel bilangan berikut :

Berdasarkan tabel bilangan di atas kita buat penyederhanaannya menjadi :

selanjutnya ...   
Tabel bilangan ini akan selalu kita gunakan sebagai 'rumus' menyelesaikan soal secara cepat. Sekarang kita pelajari contoh soal berikut:



penyelesaiannya :

Mudah, bukan? Ayo sekarang selesaikan soal berikut!
  1. akar kuadrat 576
  2. akar kuadrat 1296
  3. akar kuadrat 4225
  4. akar kuadrat 5476
  5. akar kuadrat 8464

Demikianlah sedikit tips dari saya yang tentunya dapat anda kembangkan sendiri penerapannya. Masih terdapat banyak lagi metode lainnya dari rekan-rekan sekalian yang lebih cepat dan mudah. Mohon koreksi dan masukannya atas kekurangan yang ada. Semata-mata karena keinginan saya untuk lebih menggairahkan dunia pendidikan kita bagi kemajuan generasi muda hingga di masa yang akan datang, bangsa ini memiliki penerus yang cerdas dan berkualitas baik dari segi akhlak maupun pengetahuan. Amin ….


Search Engine OptimizationSubmit Express

2 komentar:

  1. makasih ya gan, buat materinya....
    sdikit kabar, gameforsmart mau mengadakan kompetisi se-jatim seri 2 lho.... :)

    BalasHapus
  2. -_- itu semua ada di buku yg lain dong mas
    =D

    BalasHapus

Tinggalkan Pesan Yang Positif